Waspadai Hama Putih Palsu saat tanam padi muda

Kamis, 27 September 2018, Petugas POPT Kajen, PPL Desa Sokoyoso dan Penyuluh Swadaya Desa Sokoyoso melaksanakan pengamatan hama Tanam Padi di Poktan Sido Maju Desa Sokoyoso. Pengamatan ini di laksanakan setelah ada laporan hama dari Para Petani setempat.

dari pengamatan di peroleh hasil hama yang menyerang di areal persawahan adalah Hama Putih Palsu ( HPP ). walaupun hama ini bukan hama utama yang membahayakan bagi tanaman padi akan tetapi serangannya tetap akan berdampak merugikan bagi petani. hama ini menyerang saat Vase tanam padi muda dengan ciri-ciri Tanaman padi terlihat warna putih dan banyak yang menggulung secara vertikal serta di dalamnya ada ulat.

untuk pengendalian HPP ini dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Serangan HPP jika dibiarkan akan berhenti dengan sendirinya serta jarang yang mengakibatakan gagal panen bagi para petani. serangan HPP ini dapat pulih apabila pengairan dan pemupukan di kelola dengan baik.
  2. untuk mengurangi akibat serangan HPP ini di upayakan pemeliharaan tanaman dengan baik agar tanaman bisa tumbuh secara baik, sehat dan serangkai.
  3. lakukan pengeringan lahan untuk mengurangi kelembaban udara di sekitar batang padi.
  4. gunakan insektisida ( bila di perlukan ) berbahan aktif seperti Fipronil atau Dimehipo.
  5. Petani lakukan pengamatan secara berkala dan gunakan pestisida secara tepat dan bijaksana.

 

sumber : Iswari Tanti R. ( PPL Desa Sokoyoso )

Tinggalkan Komentar via Facebook

Jadi yang Pertama Berkomentar

Berkomentarlah dengan bijak